Ternyata Ini Faktor Penyebab Terjadinya Penuaan Dini

By | June 20, 2015

Ternyata Ini Faktor Penyebab Terjadinya Penuaan Dini – Penuaan dini merupakan proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20an. Hal ini biasanya disebabkan karena bermacam-macam faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal yakni adanya gangguan dari dalam tubuh, misalnya sakit yang berkepanjangan dan kurang gizi. Dan faktor eksternalnya bisa terjadi karena sinar matahari, polusi, asap rokok, makanan yang tidak sehat dsb. Dan Ternyata Ini Faktor Penyebab Terjadinya Penuaan Dini.

penuaan dini

Polusi

  • Polusi yang berat dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon bumi sehingga dapat menyebabkan peningkatan radiasi sinar ultraviolet, terutama sinar ultraviolet B yang dapat menyebabkan kanker kulit.
  • Polusi dapat menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen kulit.

Paparan sinar matahari

  • Sekitar 80% penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari, terutama sinar ultra violet dapat secara langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit.
  • Paparan sinar ultraviolet juga menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit.
  • Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan terjadinya pembentukan bercak-bercak pigmentasi pada kulit.
  • Paparan sinar UV dapat menyebabkan menurunnya fungsi kekebalan kulit sehingga tidak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker kulit.

Nutrisi yang buruk

Asupan nutrisi yang rendah serat, rendah vitamin, rendah antioksidan dan asupan nutrisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Sehari-harinya kulit memerlukan nutrisi untuk terus memperbarui sel dan melawan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Tanpa nutrisi yang baik maka kulit akan tampak buruk. Kondisi kulit seseorang banyak dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakannya.

Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan (wanita lebih dari 1 gelas dan pria lebih dari 2 gelas) dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Seseorang yang meminum alkohol atau alkoholic akan cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga akan menyebabkan buruknya asupan nutrisi kulit.

Kecanduan Rokok

  • Pada saat merokok, paparan panas terus menerus yang didapat dari rokok yang menyala juga ditemukan faktor yang merusak elastisitas kulit wajah.
  • Merokok juga mengurangi proses penyembuhan luka sehingga proses regenerasi kulit terganggu.
  • Merokok, terutama dalam jangka waktu lama, akan menurunkan aliran darah pada arteri dan kapiler kulit wajah, sehingga dapat menyebabkan kematian sel kulit.
  • Berkurangnya aliran darah akan menyebabkan hambatan dalam aliran nutrisi dan oksigen ke kulit dan menumpuknya produk buangan pada sel-sel kulit.
  • Tembakau membuat kerusakan kolagen kulit sehingga elastisitas berkurang dan kulit lebih mudah berkerut.
  • Rokok secara global bisa menurunkan kadar vitamin A pada kulit wajah yang sebenarnya berfungsi sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.
  • Nikotin akan membuat sel-sel kulit kekurangan cairan sehingga kelembaban berkurang, kulit menjadi kusam, kering dan kasar.

Semoga bermanfaat informasinya 😉

Salam Awet Muda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *